Vinales Juara MotoGP Belanda, Rossi Gagal Finis

Posted on

Maverick Vinales

Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, tampil sebagai Juara MotoGP Belanda 2019. Pada balapan di Sirkuit Asssen, Minggu (30/6/2019), Vinales finis terdepan diikuti Marc Marquez di posisi kedua.

Podium ketiga diraih rider Petronas Yamaha yang mendominasi latihan bebas dan kualifikasi, Fabio Quartararo.

Posisi empat hingga sepuluh besar diraih Andrea Dovisioso, Morbidelli, Danilo Petrucci, Cal Crutchlow, Joan Mir, Jack Miller, dan Andrea Iannone di 10 besar.

Valentino Rossi gagal finis bersama Nakagami, Alex Rins, dan Johann Zarco.

Dua rider Tim Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, tampil tercepan di awal balapan, disusul Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Marc Marquez yang start dari posisi empat turun ke posisi lima.

Di lap ketiga, giliran Fabio Quartararo yang memimpin , diikuti Vinales danMarquez. Di lap berikutnya, Marquez berhasil menyalip Vinales.

Nasib sial dialami Valentino Rossi. Setelah start dari posisi 14, Rossi terjatuh di lap kelima, usai mengalami kecelakaan bersama Takaaki Nakagami.

Di sisa lap, persaingan ketat terjadi antara tiga pebalap –Quartararo, Marquez, dan Vinales. Marquez sempat memimpin balapan pada lap ke-11. Namun, kesalahan Marquez di tikungan pertama memasuki lap ke-12 dimanfaatkan Quartararo untuk kembali memimpin balapan.

Memasuki lap ke-14, Vinales berhasil menyalip Marquez di tikungan terakhir. Dua lap kemudian Vinales mengambil alih pimpinan balapan dengan menyalip Quartararo. Marquez naik ke posisi dua setelah menyalip Quarataro di tikungan kesembilan.

Pada lap ke-18, Vinales melebar di tikungan pertama dan Marquez memimpin balapan. Namun, Vinales tidak membiarkan Marquez terlalu lama memimpin dan kembali memimpin pada tikungan ke-12.

Vinales makin nyaman di posisi terdepan dengan keunggulan 0,5 detik atas Marquez, saat balapan memasuki lap ke-22. Satu lap kemudian, Vinales unggul lebih dari satu detik atas Marquez.

Vinales akhirnya finis terdepan dan menjadi Juara MotoGP Belanda 2019 dengan mengalahkan Marquez dan Quartararo. Ini adalah kemenangan pertama Yamaha sejak Vinales menang di MotoGP Australia, 28 Oktober 2018.

Hasil MotoGP Belanda 2019

Hasil MotoGP Belanda 2019

 

127 Views